Wednesday, January 21, 2009

Penghargaan bagi Deydi Mokoginta

Anda kenal Deydi Mokoginta? Kalau jawabannya ya, syukurlah; tetapi kalau jawabannya tidak, maka izinkan saya memperkenalkan Deydi kepada Anda (walaupun saya sebenarnya juga tidak mengenalnya secara pribadi he he he....)

Deydi Mokoginta adalah adalah anak muda Totabuan yang bekerja sebagai anggota Polri di Kota Manado. Saya mengenalnya dalam interaksi dunia maya di Internet. Di sela-sela kesibukannya sebagai aparatur negara, rupanya Deydi menjalankan berbagai kegiatan dan hobi yang sangat positif. Di antaranya adalah forum diskusi online Forum Bolmong.com dengan alamat http://www.bolmong.com/forum, yang telah dibinanya sejak tahun lalu (kalau saya tidak salah).

Deydi yang saya kenal dalam Forum Bolmong.com adalah polisi muda yang sangat intelektual dan mempunyai wawasan politik, sosial, sejarah dan budaya cukup luas tentang Bolaang Mongondow (Bolmong). Kelebihan ini tampaknya didukung pula oleh keterampilannya yang cukup baik dalam hal komputer dan Internet. Dengan apik Deydi menyusun dan memberi uraian singkat dari topik-topik dalam forum diskusinya. Di sini kelihatan bahwa Deydi memiliki daya nalar tajam tentang pemetaan masalah yang layak menjadi bahan diskusi peserta forumnya. Ada pula bagian yang secara khusus disusun oleh Deydi untuk menjaga tata-tertib dan etiket peserta diskusi. Tidaklah berlebihan kalau saya mengatakan bahwa untuk ukuran seorang polisi yang "hanya" mengelola situs Internet di waktu luang, bahkan untuk ukuran anak muda Bolmong masa kini pada umumnya, Deydi sudah bisa disebut profesional karena kemampuan dan komitmennya yang di atas rata-rata.

Berkat ketekunan Deydi dan melalui forum diskusi yang dibinanya, entah berapa warga Bolmong di berbagai belahan Indonesia dan bahkan mungkin dunia yang dapat bersatu dalam diskusi hangat membicarakan nasib daerah, rakyat dan masa depan Bolmong. Mungkin Deydi tidak menyadari bahwa forum itu juga telah menjadi sarana mengobati kerinduan atas kampung halaman, yang, bagi sebagian di antara peserta forum ini, kini jauh di mata namun selalu dekat di hati.

Memang siapapun yang punya waktu dan kemampuan berinternet dan berkomputer dapat membina forum online seperti yang dibina Deydi, bahkan banyak forum seperti ini yang gratisan. Tetapi, setahu saya, Deydi termasuk orang Bolmong pertama yang merintis forum diskusi seperti ini dan yang masih setia mempertahankan eksistensi forum asuhannya hingga detik ini. Komitmen seperti ini tentu memerlukan pengorbanan waktu, tenaga, dan bahkan dana. Untuk mengira-ngira berapa banyak pengorbanan Deydi demi Forum Bolmong.com terus terang saya tidak sanggup. Hanya Deydi dan Tuhan yang tahu!

Anak muda seperti Deydi, menurut hemat saya, patut diberi penghargaan oleh peserta Forum Bolmong.com, baik secara pribadi maupun kolektif. Dia bahkan perlu mendapat penghargaan dari pemerintah dan masyarakat Bolaang Mongondow Bersatu, baik yang ada di dalam maupun luar Bolmong. Saya pernah menyampaikan ini kepada Deydi lewat forum, tapi Deydi hanya merendah dan tampaknya tidak mau terlalu dipusingkan dengan urusan penghargaan atau semacam itu bagi dirinya. Integritas seperti ini jarang kita dapatkan dalam diri seorang anak muda.

Salah satu kelemahan bangsa Indonesia dan masyarakat Bolmong adalah keterbelakangan dalam melakukan apresiasi (penghargaan) terhadap karya putra-putrinya yang sudah terbukti bermanfaat bagi banyak orang. Padahal penghargaan sekecil dan sesederhana apapun dapat memacu kreativitas, inovasi, integritas, prestasi dan tanggung jawab penerimanya. Dan si penerima dapat menjadi role model, teladan bagi orang lain. Saya khawatir Deydi menjadi "korban" dari keterbelakangan kita ini kalau kita tidak segera memberinya penghargaan.

Kalaupun penghargaan resmi sulit kita harapkan apalagi wujudkan, paling tidak kita dapat memberi apresiasi atas kerja keras Deydi dengan menjadi peserta aktif Forum Bolmong.com. Saya percaya, gagasan paling sederhana sekalipun yang kita lontarkan dalam setiap topik diskusi akan memperkaya wawasan dan batin kita sebagai putra-putri Bolmong. Kekayaan wawasan dan batin dapat secara positif memengaruhi pikiran, ucapan dan sikap kita dan orang lain tentang Bolmong tercinta. Pola pikir, ucap dan tindak yang makin baik di Bolmong dan dalam diri warganya, baik yang ada di Bolmong maupun di luar, mudah-mudahan dapat memberi andil dalam upaya kolektif kita menjadikan Bolmong a better place, kampung halaman yang makin baik, dan bukan sebaliknya. Saya yakin cita-cita inilah yang ada dalam benak Deydi sebagai pendiri dan pengasuh Forum Bolmong.com.

Kita akui atau tidak, Deydi terima atau tidak, adalah nyata bahwa Deydi telah memberi andil yang amat besar bagi kita dan Bolmong. Dan untuk sementara, saya baru bisa menyampaikan dari lubuk terdalam hati saya: Sukur moanto', Utatku Deydi. Keep up the good work.